BAB I
PENDAHULUAN
1.
LATAR BELAKANG
Pendidikan semakin maju
tapi moral dan perilaku anak bangsa terutama kalangan remaja SMA semakin
mengkhawatirkan. Perilaku remaja SMA saat ini sungguh sangat memprihatinkan
terjadi penurunan yang sangat drastis terhadap moral dan perilaku remaja SMA.
Saat ini sistem pendidikan nasional
khususnya pendidikan dasar dan menengah dapat dikatakan mengalami kemajuan.
Indikatornya adalah penerapan kelas percepatan (akselerasi), sekolah bertaraf
internasional (SBI), sekolah rintisan bertaraf internasional (RSBI), dan sekolah
standar nasional (SSN). Semuanya hampir tidak ada sebelum tahun 2000. Kemajuan
tidak hanya pada sistem tapi juga fasilitas khususnya pada sekolah yang sudah
berstandar nasional dan internasional, seperti ruangan full AC, ruangan berLCD
dan televisi untuk mendukung proses belajar-mengajar yang nyaris tidak ada pada
sekolah-sekolah biasa. Pelajar kita juga semakin pintar karena nilai 10 (sempurna)
UAN/UAS SD hingga SMA bukan sesuatu yang langka. Bahkan di satu sekolah bisa
lebih dari 10 orang yang mendapat nilai sempurna. Padahal sebelum Era Revormasi,
angka 10 benar-benar angka istimewa.
Namun kemajuan tersebut tidak
diikuti dengan majunya perilaku siswa. Penyebabnya sistem pendidikan kita yang
mayoritas menilai kelulusan hanya kecerdasan intelektual saja alias angka-angka
yang ada di raport dan ijazah. Padahal secara sederhana tujuan pendidikan
nasional adalah menciptakan kecerdasan intelektual dan emosional atau
spiritual. Saat ini perilaku pelajar sangat mengkhawatirkan seperti menjauh
dari ajaran agama, kurangnya rasa hormat terhadap orang yg lebih tua, siswa
yang merokok, model pakaian, hingga perbuatan yang menjurus asusila.
Saat ini jika diperhatikan hanya
sedikit pelajar yang melaksanakan ibadah berjamaah. Mereka cenderung lebih suka
berkumpul dengan teman-teman sebaya sekalipun waktu solat telah tiba. Apalagi
yang mengaji dan ibadah lainnya. Selain itu perilaku pelajar saat ini terlihat
kurang menghormati orang tua seperti berani membentak, melawan, bahkan
melakukan kekerasan fisik. Sesuatu yang benar-benar tidak sesuai dengan budaya
kita sebagi orang timur. Perilaku lainnya yang mengkhawatirkan adalah
meningkatnya jumlah pelajar yang merokok dari tahun ke tahun. Saat ini sudah
dapat kita temui pelajar kelas 4 SD yang sudah bisa bahkan terbiasa merokok.
Dua puluh tahun yang lalu pelajar yang merokok mayoritas mereka yang berstatus
pelajar SMA. Untuk masalah satu ini,, mereka tidak dapat disalahkan seutuhnya
karena mereka melihat perilaku orang tua mereka yang merokok bahkan terbiasa
disuruh membeli rokok sehingga mereka ingin mencobanya.
Model pakaian pelajar wanita
sekarang sungguh memprihatinkan karena tidak sedikit yang berpakaian ketat dan
rok di atas lutut yang terlalu tinggi naiknya. Pakaian seperti itu juga tidak
nyaman dilihat. Menurut saya ini salah satu efek negatif globalisasi karena
model pakaian seperti itu berasal dari luar. Hal ini juga tidak sesuai budaya
pakaian kita yang cenderung lebih tertutup dan sopan. Saya rasa pelajar yang
berpakaian seperti itu hanya berpikir pendek. Sebagian hanya ingin memamerkan
tubuh mereka dan supaya dikenal oleh sekeliling mereka. Mereka tidak berpikir
akibat buruk yang ditimbulkan. Pelajar sekarang sudah biasa melakukan hal-hal
asusila mulai berciuman, ML, bahkan harus aborsi. Bahkan tidak sedikit
pelajar yang putus sekolah karena MBA. Sangat disayangkan jika masa
depan yang cerah menjadi rusak karena kenikmatan sesaat.
Maraknya penerapan pendidikan
karakter di sekolah – sekolah sebagai upaya untuk menangulangi kemerosotan
moral dan tingkah laku anak bangsa dan remaja SMA pun dilakuakan. Perbaikan
demi perbaikan moral dan prilaku anak bangsa dan remaja SMA pun semakin gencar
dilakukan. Selamatkan anak bangsa dari kehancuran moral karena masuknya budaya
– budaya asing yang mengancam generasi muda.
2.
PERUMUSAN MASALAH
Perilaku remaja SMA saat ini sudah sangat
mengkhawatirkan, perilaku remaja SMA saat ini merupakan suatu masalah yang cukup
kompleks dan rumit. Sehingga menimbulkan banyak pertanyaan seputar perilaku
remaja SMA saat ini. Pertanyaan – pertanyaan tersebbut diuraikan sebagai
berikut :
a.
Bagaimana perilaku remaja saat ini ?
b.
Apa yang menyebabkan terjadinya
penurunan terhadap perilaku remaja saat ini ?
c.
Apakah dengan mengalakan pendidikan
karakter dapat meningkatkan dan memperbaiki prilaku dan moral remaja SMAsaat
ini ?
3.
TUJUAN
a.
Mengetahui bagaimana prilaku remaja saat
ini??
b.
Mengetahui bagaimana prilaku remaja SMA
setelah digalakan pendidikan karakter
c.
Mengetahui penyebab terjadinya penurunan
terhadap prilaku remaja saat ini
4.
MANFAAT
a.
Bagi Masyarakat
Penulisan karya tulis ini memiliki
banyak manfaat salah satunya adalah manfaat bagi masyarakat. Dengan karya tulis
ini masyarakat dapat mengetahui bagaimana perilaku anak bangsa terutama remaja
SMA saat ini. Masyarakat dapat menilai dan membandingkan sendiri bagaimana
perilaku anak bangsa dan remaja SMA saat ini dengan perilaku remaja pada tahun
– tahun sebelumnya. Bertapa jauh berbeda antara remaja dulu dengan sekarang,
kemerosotan nilai moral dan perilaku remaja saat ini sungguh sangat jauh dari
perkiraan.
b.
Bagi Orang Tua
Manfaat
bagi orang tua adalah agar para orang tua dapat mengetahui perilaku anak dan
remaja sekarang. Agar para orang tua tahu dan dapat membandingkan perilaku
anaknya, apakah anak mereka mengalami perubahan yang bersifat negatif atau
tidak. Apabila memang ada perubahan pada anak mereka yang mengarah ke hal yang
negatif para orang tua dapat cepat tanggap dalam menyikapi dan mengambil
tindakan. Para orang tua juga dapat segera melakukan antisipasi sebelum
perubahan ke arah yang negatif itu terjadi pada anaknya, dengan lebih mengawasi
dan lebih memperhatikan pola tingkah laku
anaknya.
c.
Bagi Sekolah
Karya
tulis ini sangat penting bagi sekolah dan dunia pendidikan, karena dengan
adanya karya tulis ini dapat menjadi acuan dalam mendidik anak – anak didiknya.
Sekolah dapat cepat tanggap ketika menghadapi perilaku – perilaku anak didikya
yang bersifat negatif, dan berupaya untuk merubah karakter anak didikya menjadi
lebih baik.
d.
Bagi Siswa
Manfaat
bagi siswa adalah agar siswa tahu dan mengerti bagai mana moral anak bangsa
saat ini, sehingga dapat menimbulkan kesadaran pada diri mereka untuk melakukan
perubahan dan perbaikan moral anak dan remaja saat ini. Para remaja juga dapat
menjadikan karya tulis ini sebagai perbandingan terhadap perilaku mereka,
apakah perilaku mereka sudah baik? apakah yang mereka lakukan sudah benar?
Pertanyaan itulah yang akan muncul dan timbul pada diri seseorang ketika
dihadapkan dengan masalah moral remaja.
Selain
itu para remaja juga dapat menjadikan karya tulis ini untuk acuan dalam
berperilaku, dan para remaja dapat segera menaggulangi bagaimana apabila
perilaku mereka mulai mengalami perubahan ke arah yang negatif dan dapat
mengantisipasi sebelum itu terjadi pada dirinya.
5.
METODE PENGUMPULAN DATA
Dalam penulisan karya
tulis ini menggunakan metode landasan teori, perbandingan, study pustaka dan
wawancara diharapkan dapat memberikan data-data yang akurat dan dapat di
pertanggung jawabkan hasilnya.
6.
SISTEM PENULISAN
Dalam karya tulis ini ditulis sesuai BAB yang
disajikan.
Sistematika Penulisan :
BAB I Pendahuluan
1. Latar
Belakang
2. Rumusan
Masalah
3. Tujuan
4. Metode
Pengumpulan Data
5. Sistematika
Penulisan
BAB II Landasan Teori
BAB III Metodologi Penelitian
BAB IV
Pembahasan dan Laporan Hasil Penelitian
1. Pembahasan
1.1 Hasil
Wawancara
1.2 Perilaku
remaja masa kini
1.3 Pendidikan
karakter
1.4 Penyebab
prilaku remaja masakini
1.5 Akibat yang
ditimbulkan dari perilaku remaja masa kini
1.6 Cara
menanggulangi perilaku remaja dan moral remaja SMA yg semakin menurun dari
tahun ke tahun
2. Hipotesis
3. Lampitan
Foto
BAB IV Penutup
1. Kesimpulan
2. Penutup
Daftar Pustaka
Ditulis oleh jeny mega febriani guna memenuhi tugas bahasa indonesia pada tanggal 1 Mei 2012.
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletegood///
ReplyDeletegood...
ReplyDeletesemoga bermanfaat,,,
ReplyDeleteNice Info Jangan Lupa kunjungi http://jasabimbinganskripsisurabaya.blogspot.com/
ReplyDeleteOke...
Delete