SELAMAT DATANG

Selamat datang di blog saya semoga blog ini memberikan manfaat bagi para pengguna situs jejaring sosial ini.

Sabtu, 28 Juli 2012

CONTOH PENDAHULUAN DALAM PEMBUATAN KARYA TULIS ILMIAH


BAB I
PENDAHULUAN

1.     LATAR BELAKANG
Pendidikan semakin maju tapi moral dan perilaku anak bangsa terutama kalangan remaja SMA semakin mengkhawatirkan. Perilaku remaja SMA saat ini sungguh sangat memprihatinkan terjadi penurunan yang sangat drastis terhadap moral dan perilaku remaja SMA.
Saat ini sistem pendidikan nasional khususnya pendidikan dasar dan menengah dapat dikatakan mengalami kemajuan. Indikatornya adalah penerapan kelas percepatan (akselerasi), sekolah bertaraf internasional (SBI), sekolah rintisan bertaraf internasional (RSBI), dan sekolah standar nasional (SSN). Semuanya hampir tidak ada sebelum tahun 2000. Kemajuan tidak hanya pada sistem tapi juga fasilitas khususnya pada sekolah yang sudah berstandar nasional dan internasional, seperti ruangan full AC, ruangan berLCD dan televisi untuk mendukung proses belajar-mengajar yang nyaris tidak ada pada sekolah-sekolah biasa. Pelajar kita juga semakin pintar karena nilai 10 (sempurna) UAN/UAS SD hingga SMA bukan sesuatu yang langka. Bahkan di satu sekolah bisa lebih dari 10 orang yang mendapat nilai sempurna. Padahal sebelum Era Revormasi, angka 10 benar-benar angka istimewa.
Namun kemajuan tersebut tidak diikuti dengan majunya perilaku siswa. Penyebabnya sistem pendidikan kita yang mayoritas menilai kelulusan hanya kecerdasan intelektual saja alias angka-angka yang ada di raport dan ijazah. Padahal secara sederhana tujuan pendidikan nasional adalah menciptakan kecerdasan intelektual dan emosional atau spiritual. Saat ini perilaku pelajar sangat mengkhawatirkan seperti menjauh dari ajaran agama, kurangnya rasa hormat terhadap orang yg lebih tua, siswa yang merokok, model pakaian, hingga perbuatan yang menjurus asusila.
Saat ini jika diperhatikan hanya sedikit pelajar yang melaksanakan ibadah berjamaah. Mereka cenderung lebih suka berkumpul dengan teman-teman sebaya sekalipun waktu solat telah tiba. Apalagi yang mengaji dan ibadah lainnya. Selain itu perilaku pelajar saat ini terlihat kurang menghormati orang tua seperti berani membentak, melawan, bahkan melakukan kekerasan fisik. Sesuatu yang benar-benar tidak sesuai dengan budaya kita sebagi orang timur. Perilaku lainnya yang mengkhawatirkan adalah meningkatnya jumlah pelajar yang merokok dari tahun ke tahun. Saat ini sudah dapat kita temui pelajar kelas 4 SD yang sudah bisa bahkan terbiasa merokok. Dua puluh tahun yang lalu pelajar yang merokok mayoritas mereka yang berstatus pelajar SMA. Untuk masalah satu ini,, mereka tidak dapat disalahkan seutuhnya karena mereka melihat perilaku orang tua mereka yang merokok bahkan terbiasa disuruh membeli rokok sehingga mereka ingin mencobanya.
Model pakaian pelajar wanita sekarang sungguh memprihatinkan karena tidak sedikit yang berpakaian ketat dan rok di atas lutut yang terlalu tinggi naiknya. Pakaian seperti itu juga tidak nyaman dilihat. Menurut saya ini salah satu efek negatif globalisasi karena model pakaian seperti itu berasal dari luar. Hal ini juga tidak sesuai budaya pakaian kita yang cenderung lebih tertutup dan sopan. Saya rasa pelajar yang berpakaian seperti itu hanya berpikir pendek. Sebagian hanya ingin memamerkan tubuh mereka dan supaya dikenal oleh sekeliling mereka. Mereka tidak berpikir akibat buruk yang ditimbulkan. Pelajar sekarang sudah biasa melakukan hal-hal asusila mulai berciuman, ML, bahkan harus aborsi. Bahkan tidak sedikit pelajar yang putus sekolah karena MBA. Sangat disayangkan jika masa depan yang cerah menjadi rusak karena kenikmatan sesaat.
Maraknya penerapan pendidikan karakter di sekolah – sekolah sebagai upaya untuk menangulangi kemerosotan moral dan tingkah laku anak bangsa dan remaja SMA pun dilakuakan. Perbaikan demi perbaikan moral dan prilaku anak bangsa dan remaja SMA pun semakin gencar dilakukan. Selamatkan anak bangsa dari kehancuran moral karena masuknya budaya – budaya asing yang mengancam generasi muda.


2.     PERUMUSAN MASALAH
  Perilaku remaja SMA saat ini sudah sangat mengkhawatirkan, perilaku remaja SMA saat ini merupakan suatu masalah yang cukup kompleks dan rumit. Sehingga menimbulkan banyak pertanyaan seputar perilaku remaja SMA saat ini. Pertanyaan – pertanyaan tersebbut diuraikan sebagai berikut :
a.       Bagaimana perilaku remaja saat ini ?
b.      Apa yang menyebabkan terjadinya penurunan terhadap perilaku remaja saat ini ?
c.       Apakah dengan mengalakan pendidikan karakter dapat meningkatkan dan memperbaiki prilaku dan moral remaja SMAsaat ini ?




3.     TUJUAN

a.       Mengetahui bagaimana prilaku remaja saat ini??
b.      Mengetahui bagaimana prilaku remaja SMA setelah digalakan pendidikan karakter
c.       Mengetahui penyebab terjadinya penurunan terhadap prilaku remaja saat ini



4.     MANFAAT

a.       Bagi Masyarakat
            Penulisan karya tulis ini memiliki banyak manfaat salah satunya adalah manfaat bagi masyarakat. Dengan karya tulis ini masyarakat dapat mengetahui bagaimana perilaku anak bangsa terutama remaja SMA saat ini. Masyarakat dapat menilai dan membandingkan sendiri bagaimana perilaku anak bangsa dan remaja SMA saat ini dengan perilaku remaja pada tahun – tahun sebelumnya. Bertapa jauh berbeda antara remaja dulu dengan sekarang, kemerosotan nilai moral dan perilaku remaja saat ini sungguh sangat jauh dari perkiraan.

b.      Bagi Orang Tua
         Manfaat bagi orang tua adalah agar para orang tua dapat mengetahui perilaku anak dan remaja sekarang. Agar para orang tua tahu dan dapat membandingkan perilaku anaknya, apakah anak mereka mengalami perubahan yang bersifat negatif atau tidak. Apabila memang ada perubahan pada anak mereka yang mengarah ke hal yang negatif para orang tua dapat cepat tanggap dalam menyikapi dan mengambil tindakan. Para orang tua juga dapat segera melakukan antisipasi sebelum perubahan ke arah yang negatif itu terjadi pada anaknya, dengan lebih mengawasi dan lebih memperhatikan pola tingkah laku  anaknya.

c.       Bagi Sekolah
         Karya tulis ini sangat penting bagi sekolah dan dunia pendidikan, karena dengan adanya karya tulis ini dapat menjadi acuan dalam mendidik anak – anak didiknya. Sekolah dapat cepat tanggap ketika menghadapi perilaku – perilaku anak didikya yang bersifat negatif, dan berupaya untuk merubah karakter anak didikya menjadi lebih baik.

d.      Bagi Siswa
            Manfaat bagi siswa adalah agar siswa tahu dan mengerti bagai mana moral anak bangsa saat ini, sehingga dapat menimbulkan kesadaran pada diri mereka untuk melakukan perubahan dan perbaikan moral anak dan remaja saat ini. Para remaja juga dapat menjadikan karya tulis ini sebagai perbandingan terhadap perilaku mereka, apakah perilaku mereka sudah baik? apakah yang mereka lakukan sudah benar? Pertanyaan itulah yang akan muncul dan timbul pada diri seseorang ketika dihadapkan dengan masalah moral remaja.
            Selain itu para remaja juga dapat menjadikan karya tulis ini untuk acuan dalam berperilaku, dan para remaja dapat segera menaggulangi bagaimana apabila perilaku mereka mulai mengalami perubahan ke arah yang negatif dan dapat mengantisipasi sebelum itu terjadi pada dirinya.


5.     METODE PENGUMPULAN DATA
Dalam penulisan karya tulis ini menggunakan metode landasan teori, perbandingan, study pustaka dan wawancara diharapkan dapat memberikan data-data yang akurat dan dapat di pertanggung jawabkan hasilnya.


6.     SISTEM PENULISAN
Dalam karya tulis ini ditulis sesuai BAB yang disajikan.                              
                                    Sistematika Penulisan :
BAB I Pendahuluan
1.      Latar Belakang
2.      Rumusan Masalah
3.      Tujuan
4.      Metode Pengumpulan Data
5.      Sistematika Penulisan
BAB II Landasan  Teori
BAB III  Metodologi Penelitian
BAB IV Pembahasan dan Laporan Hasil Penelitian
1.    Pembahasan
1.1  Hasil Wawancara
1.2  Perilaku remaja masa kini
1.3  Pendidikan karakter
1.4  Penyebab prilaku remaja masakini
1.5  Akibat yang ditimbulkan dari perilaku remaja masa kini
1.6  Cara menanggulangi perilaku remaja dan moral remaja SMA yg semakin menurun dari tahun ke tahun
2.    Hipotesis
3.    Lampitan Foto

BAB IV  Penutup
1.      Kesimpulan
2.      Penutup

Daftar Pustaka 








Ditulis oleh jeny mega febriani guna memenuhi tugas bahasa indonesia pada tanggal 1 Mei 2012.

0 komentar:

Poskan Komentar

semoga bermanfaat,,,

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More